weew… Buah Pisang Tumbuh pada pohon yang sudah mati??

Buah Pisang Tumbuh dalam Jantung, di Atas Batang yang Ditebang

Unik bin langka. Buah pisang umumnya muncul di atas bunga alias jantungnya, namun tidak untuk pisang yang satu ini. Sesisir pisang muncul di antara kelopak jantungnya. Yang lebih unik, buah ini muncul di atas batang yang telah ditebang 3 bulan lalu.

Pantauan detikcom Selasa (31/5/2011), tanaman unik itu tumbuh di tempat pembuangan sampah Jalan Reformasi RT 1 RW 8, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. Tingginya sekitar 50 cm. Di bekas batang pisang yang ditebang tumbuh dua jantung pisang. Di salah satu jantungnya tampak sesisir bakal buah pisang berwarna kuning. Tampak pula di bekas batang itu, bakal daun pisang yang masih menggulung.

Di sekitarnya, terdapat gelondongan pisang bergelimpangan yang sudah menghitam dan kering.

Menurut Marwoto (45), pemilik warung di dekat tempat pembuangan sampah itu, tanaman pisang unik itu dilihat temannya 3 hari lalu.

“Itu pada saat teman saya melihat sudah ada jantung pisang di atas batang itu, nah akhirnya saya lihat dan saya laporkan keluarga yang lain. Akhirnya jadi ramai ke sini,” celoteh Marwoto.

Warga di sekitar menganggap tanaman itu aneh, imbuhnya, karena lazimnya pisang tumbuh daun lebih dulu kemudian jantung berikut buahnya.

“Nah ini kok tiba-tiba tumbuh langsung jantungnya ini yang membuat warga sekitar sini merasa aneh,” jelasnya.

Sejak warga ramai mengunjungi tanaman unik itu, Marwoto berinisiatif memagari tanaman itu dengan 4 pasak dan tali rafia di sekeliling pasak tersebut. Maklum, sore ini, ada sekitar 30-an warga yang penasaran melihat tanaman itu.

“Agar nggak dirusak warga,” kata Marwoto.

Sementara warga lain Surono (60), mengatakan tak ada hal aneh dengan tanaman itu karena kondisi tanamannya masih masuk di akal.

“Kalau saya lihat, itu sebenarnya bisa saja hidup. Karena kalau dilihat dari cara motongnya itu nggak motong bonggol. Terus saya lihat juga ada akar tumbuh ke bawah. Jadi itu mungkin sudah ada bakal jantung pada saat ditebang. Nah yang kemarin itulah jantungnya tumbuh. Saya sih orang bodoh, nggak mengerti biologi fisika, tapi kan saya biasa juga bertani, jadi kalau logika itu, wajar saja itu bisa tumbuh,” terangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s