haaah?? Seratus Persen Murid di 5 Sekolah Tak Lulus???

Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh menyatakan, persentase kelulusan murid SMA atau yang sederajat tahun ini naik dari tahun sebelumnya. “Jumlah kelulusan jelas naik 0,18 persen dibanding tahun lalu,” kata M. Nuh di kantor Kemendiknas, Senin, 16 Mei 2011.

Meski demikian, Mendiknas tak menampik fakta bahwa masih banyak siswa SMA yang tidak lulus Ujian Akhir Nasional (UAN). Menurutnya, dari sekitar  16.835 SMA atau sederajat yang tersebar di Indonesia, ada lima sekolah yang seratus persen muridnya tidak lulus UAN. Kelima sekolah tersebut, kata M. Nuh, terdapat di provinsi DKI Jakarta, Aceh, Jambi, Maluku, dan Papua.

“Kalau nggak lulus, masa dipaksa lulus. Kalau dikatakan soal ujiannya bocor, lah ini buktinya ada yang nggak lulus,” kata M. Nuh. Mantan rektor ITS itu menambahkan, Kemendiknas akan melakukan deteksi dan analisa terhadap sekolah-sekolah yang seratus persen siswanya tidak lulus tersebut. Ia menekankan, hal itu penting untuk perbaikan kelima sekolah itu ke depannya.

“Kenapa satu sekolah sampai tidak lulus semua? Kita akan pelajari berapa nilai ujian dari mereka yang tidak lulus, lalu gurunya seperti apa, dan fasilitas sekolahnya seperti apa. Dari situ, akan dilakukan penguatan dan perbaikan,” papar M. Nuh.

Kemendiknas mencatat, jumlah siswa SMA atau sederajat yang mengikuti UAN pada tahun ini sebanyak 1,46 juta siswa, dan 11.447 siswa di antaranya tidak lulus ujian

sumber : vivanews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s