Perkawinan Sesama Jenis di Militer AS Sedang Dikaji, benarkah??

Perkawinan Sesama Jenis di Militer AS Sedang Dikaji

Pengacara militer Amerika Serikat saat ini sedang mengkaji apakah pernikahan sejenis di kalangan tentara Angkatan Laut AS diperbolehkan, mengingat selama ini ada larangan pengakuan gay secara terbuka di lingkungan angkatan bersenjata AS.

Tinjauan tersebut muncul setelah Laksamana M.L. Tidd, kepala pendeta Angkatan Laut AS, yang memberi peluang diperbolehkannya pernikahan sesama jenis. Menurut Tidd, perkawinan sesama jenis bisa saja dilegalkan oleh catatan sipil.

Tidd mengirimkan memo kepada Sekretaris Angkatan Laut AS Ray Mabus yang isinya mempertanyakan apakah perkawinan sejenis di kalangan militer AS akan melanggar undang-undang federal 1996, yang mendefinisikan “pernikahan” sebagai kesatuan hukum antara seorang pria dan seorang wanita.

“Apakah pernikahan sesama jenis melanggar Doma, yang masih menjadi aturan bagi militer kita, termasuk pendeta,” demikian tertulis dalam surat tersebut seperti dilansir reuters, Kamis (12/5/2011).

“Pemerintah dan berbagai negara mungkin menganggap seolah-olah Doma tidak ada, tetapi Angkatan Laut dan Korps Marinir dan semua angkatan bersenjata disumpah untuk mematuhi hukum,” katanya.

Juru Bicara Pentagon, Kolonel David Lapan mengatakan memo yang dikirimkan oleh Laksamana Tidd ini telah mendorong diskusi antara Departemen Pertahanan dan pengacara Angkatan Laut AS yang menyebabkan larangan kawin sesama jenis ini ditinjau ulang.

“Memo tersebut mengangkat pertanyaan tentang implikasi kebijakan dan hukum yang memerlukan penelaahan lebih lanjut,” kata Lapan.

Tidak jelas apakah peninjauan aturan ini akan mempengaruhi Angkatan Darat dan angkatan-angkatan lainnya di lingkungan militer AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s