heboh !!! Air ‘Zamzam’ Beracun Ditemukan di Inggris!!!

Air botolan yang diaku sebagai air Zamzam yang dijual di tiga toko buku di Inggris ditemukan terkontaminasi arsenik, demikian menurut hasil investigasi BBC. Air botolan itu ditemukan di London selatan dan barat, juga di Luton.

Air tersebut lalu dibawa ke Association of Public Analysts atau asosiasi analis publik, lembaga yang berwenang memastikan kemurnian bahan. Benar saja, menurut ketua asosiasi, Dr Duncan Campbell, air tersebut tidak layak diminum. “Air itu beracun, terutama karena tingginya tingkat arsenik,  yakni karsinogen (bahan penyebab kanker),” tambah dia, seperti dimuat situs Arab News.

Ini bukan kali pertama bahwa air yang dijual di Inggris yang diaku sebagai Zamzam ditemukan terkontaminasi oleh arsenik. Agustus lalu, Muslim di Leicestershire diperingatkan oleh otoritas lokal bahwa air kemasan diberi label sebagai air Zamzam ternyata memiliki kandungan arsenik dan nitrat tiga kali lipat lebih tinggi dari ambang normal. Ancaman kanker membayangi siapa yang meminumnya.

Klaim BBC dikeluarkan sehari setelah warga Uni Emirat Arab disarankan untuk tidak membeli air Zamzam dari toko-toko, menyusul penemuan dan penyitaan air Zamzam palsu di Ras Al-Khaimah. Beberapa toko di Emirates menjual air Zamzam abal-abal meskipun penjualan tersebut ilegal di UEA. Belakangan apa yang diklaim sebagai air Zamzam di Ras Al-Khaimah ternyata air mineral biasa.

Ekspor air Zamzam tidak diperbolehkan oleh pemerintah Saudi. Namun, peziarah atau jemaah haji dari luar negeri diijinkan untuk mengambil dalam jumlah terbatas untuk pribadi atau diberikan pada keluarga dan kerabat. Air disediakan gratis untuk peziarah dan bukan merupakan produk komersial.  Karena tidak dapat diekspor, penjualan air yang diaku  Zamzam di seluruh dunia harus dipertanyakan.

Dalam insiden terbaru di Inggris, BBC mengatakan, tiga toko buku yang menjual Zamzam telah menolak untuk mengungkapkan bagaimana mereka telah memperoleh air yang diyakini berkhasiat itu.  Botol-botol ‘Zamzam’ telah disingkirkan dari rak.

Di Inggris, tidak ilegal untuk menjual air Zamzam, tapi menjual barang-barang berlabel palsu dapat mengakibatkan denda dengan nilai sampai tak terbatas. Bahkan hukuman pidana dua tahun penjara. Menjual barang yang tidak aman juga terancam dihukum. sumber : VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s