ini dia orang yang berhasil mengelilingi indonesia dengan sepeda!! penasaran??

semangat dan tekad yang bulat memang bisa mengalahkan rintangan seberat apapun. Tingginya gunung, lebatnya hutan dan luasnya lautan justru menjadi daya tarik untuk dinikmati. Seperti yang dilakukan agus sutikno (28), lelaki yang mendapat julukan techno si rayap aspal yang telah berhasil mengelilingi indonesia.

Agus sutikno berhasil mengunjungi indonesia dari ujung barat sabang sampai ujung timur kota sota marauke yang berbatasan dengan papua nugini. Dan, itu dilakukan hanya dengan sepeda onthel. Tidak itu saja, dari daerah paling utara indonesia yakni miangas hingga daerah paling selatan yakni ndana rote juga sudah dijangkaunya.

sekilas tampilan sulung dari dua bersaudara ini memang tidak meyakinkan telah mengarungi luasnya wilayah indonesia. Apalagi jika dilihat dari potongan rambutnya yang punk dan pakaiannya yang kotor dan kumal. Tapi siapa sangka lelaki kelahiran jogjakarta, 12 agustus 1982 ini prestasinya sungguh luar biasa.

Saat ditemui tnol, agus sutikno sedang singgah di depok, jawa barat. Tampak di sepeda onthelnya yang bernama Aprilia uchi dewi ramola india terdapat berbagai benda-benda unik yang merupakan pemberian orang-orang yang ditemuinya di daerah. Benda-benda unik pemberian orang tersebut diantaranya adalah boneka, wayang, dan pecut.

Menurut tikno, panggilan akrabnya, ia berkeliling indonesia sejak 19 agustus 2006 lalu. Kota pertama yang tujunya adalah jakarta dengan bekal uang sebesar Rp 5 ribu. Namun dengan modal nekad tersebut, ia berhasil menuju jakarta dalam tempo empat hari.

“tapi alhamdulillah berkat doa orang tua, saya sudah mendatangi 33 propinsi yang ada di seluruh indonesia,” kata agus sutikno bangga. Bukti bahwa lelaki tersebut telah mengunjungi propinsi dan kabupaten yang ada di indonesia adalah berbagai piagam dari bupati, walikota, kapolres dan kapolsek seluruh indonesia yang ditunjukan kepada tnol.

Tidak itu saja, guntingan tulisan berbagai media cetak daerah juga ia tunjukan pula. Saat ini bundelan piagam yang dibawa bersama sepedanya mencapai 400 lembar piagam. Itu belum termasuk piagam yang berada di rumahnya di desa susukan empat, genjahan ponjong gunung kidul yang mencapai empat karung.

Lebih lanjut, lelaki yang suka guyon ini menuturkan, ia mengarungi indonesia karena terinspirasi dari cerita teman-temannya yang berasal dari berbagai suku indonesia yang sedang menempuh ilmu di yogjakarta. Saat itu teman-temannya bercerita tentang keanekagaraman budaya yang ada di indonesia.

selain itu saya juga ingin belajar dari keanekaragaman budaya yang ada di indonesia dan ingin bersilaturahmi dengan mereka,” jelasnya.

Ketika tikno berhasil mendatangi sumatera, kalimantan, sulawesi, maluku dan papua, ternyata benar yang dikatakan teman-temannya tersebut. Indonesia sangat luar biasa memiliki berbagai keunikan baik wilayah, budaya dan wisatanya. Berbagai tempat wisata bisa dinikmati di indonesia seperti di pulau komodo yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia, danau tiga warna dan lainnya. “jadi tidak perlu keluar negeri untuk menikmati wisata,” ujarnya serius.

sayangnya, sambung tikno, potensi daerah tersebut belum tergarap secara maksimal. Buktinya selama mengunjungi daerah banyak daerah yang pembangunannya yang tertinggal sangat jauh. Listrik sebagai kebutuhan menerangan saja tidak ada, akibatnya ketika hendak nonton televisi warga harus patungan untuk membeli bahan bakar genset.

“selain itu, karena tidak adanya pembangunan jalan, ada daerah di pedalaman wamema jika ke kota harus menempuh perjalanan selama empat hari. Sudah begitu harga semen disana juga mencapai rp 750 ribu/sak,” ungkap lelaki yang juga anggota asociation motor community indonesia (amci) chapter jogjakarta.

Ada satu pengalaman yang tidak bisa dilupakan ketika berkeliling indonesia. Pengalaman tersebut adalah ketika mendatangi wilayah wamena yang berada di papua. Saat itu, sepedanya harus dinaikan ke pesawat hercules milik tni ad karena tidak ada jalan darat yang harus dilewati.

sepeda saya naik hercules dari sentani ke jayapura dan dari wamena ke marauke karena memang tidak ada jalan darat,” ungkap tikno yang juga anggota dari komunitas slogki (sederek lare onthel gunung kidul).

Namun walaupun banyak menemui kenangan manis, ada juga pengalaman pahit yang dialaminya yaitu ketika mengalami pecah ban dipedalaman hutan kalimantan sementara jarak ke kota masih 120 km lagi. Setidaknya sudah lima kali sepeda onthelnya mengalami pecah ban. Selain itu, pengalaman pahit lainnya adalah menderita malaria sebanyak sembilan kali dan diusir oleh petugas dari instansi pemerintah daerah.

Ingin bertemu SBY

melihat banyaknya daerah yang tertinggal, ada satu keinginan tikno yang hingga kini masih dipendamnya. Keinginan tersebut adalah bisa bertemu presiden susilo bambang yudhoyono. Jika bertemu, tikno ingin menceritakan bagaimana kondisi daerah yang disinggahinya sangat tertinggal jauh dalam hal pembangunan.

”saya ingin bersilaturahmi dengan sby. Saya mengungkapkan keluh kesah dan jeritan masyarakat yang pembangunannya sangat tertinggal,” paparnya.

About these ads

One thought on “ini dia orang yang berhasil mengelilingi indonesia dengan sepeda!! penasaran??

  1. [HANYA KOMENTAR CURHAT DARI SEORANG PENGEMBARA]
    Alhamdulillah…
    Pasukan iblis sukses menyesatkan masyarakat, Gembong FreeMason Yahudi dan anteknya berhasil menjajah lahir bathin negeri ini, krisis Inflasi harga kebutuhan pokok meningkat, Penyakit hubungan kelamin merajalela, Korupsi jamaah pejabat menanjak, Jual beli jabatan pemilu berlanjut, Pengurasan sumber daya alam berjalan, Kebodohan berbasis kemiskinan bertambah, dan masih banyak lagi yang semua itu berujung pada pemurtadan rakyat banyak.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat melihat dengan jelas kebobrokan sistem sekular jahiliyah yang selama ini telah kita terapkan dan kita tuhankan, karena kita telah membuang jauh-jauh sistem Islam kaffah ciptaan “Sang Maha Pencipta Sistem” dari kehidupan kita.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat membuktikan kebenaran sabda Nabi Muhammad berikut ini:
    Dari Abdullah bin Umar dia berkata,
    “Rasulullah SAW menghadapkan wajah ke kami dan bersabda:
    “Wahai golongan Muhajirin, lima perkara apabila kalian mendapat cobaan dengannya, dan aku berlindung kepada Allah semoga kalian tidak mengalaminya;
    1. Tidaklah kekejian menyebar di suatu kaum, kemudian mereka melakukannya dengan terang-terangan kecuali akan tersebar di tengah mereka penyakit Tha’un dan penyakit-penyakit yang belum pernah terjadi terhadap para pendahulu mereka.
    2. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan takaran kecuali mereka akan disiksa dengan kemarau berkepanjangan dan penguasa yang zhalim.
    3. Tidaklah mereka enggan membayar zakat harta-harta mereka kecuali langit akan berhenti meneteskan air untuk mereka, kalau bukan karena hewan-hewan ternak niscaya mereka tidak akan diberi hujan.
    4. Tidaklah mereka melanggar janji Allah dan Rasul-Nya kecuali Allah akan kuasakan atas mereka musuh dari luar mereka dan menguasainya.
    5. Dan tidaklah pemimpin-pemimpin mereka enggan menjalankan hukum-hukum Allah dan tidak menganggap lebih baik apa yang diturunkan Allah, kecuali Allah akan menjadikan saling memerangi di antara mereka.””
    (HR Ibnu Majah nomor 4009, lafal baginya, dan riwayat Al-Bazar dan Al-Baihaqi, shahih lighoirihi menurut Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat-Tarhib hadits nomor 1761).
    Sekarang manakah diantaranya yang belum terjadi? Masih belum cukup?
    Alhamdulillah…
    Selama generasi kita tidak memurikan tauhid dan tidak menerapkan sistem Islam kaffah (dalam khilafah), maka insyaAllah generasi penerus kita juga dapat langsung membuktikannya juga.
    Alhamdulillah…
    ________________
    “Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. 4:147)
    “Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” (Q.S. 40:61)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s